Desa Putatgede menuju desa satelit.. Mari membangun desa bersama

Minggu, 10 April 2011

Pembangunan Talud PNPM

Pemerintah Desa Putatgede tahun 2011 ini mengalokasikan Dana PNPM-nya untuk pembangunan Talud Jalan pertanian sepanjang + 500 M masing-masing sisi kanan maupun kiri (setengah dari ukuran sebenarya + 1km), yang berada di wilayah Blok Wetan Gili / Kulon Gili / Tegalan (seluas hampir 45 Ha). Pembangunan jalan tersebut diperkiarakan menghabiskan Dana sebesar + Rp. 128.000.000,- (Seratus dua puluh delapan juta rupiah) dari PNPM 2011 ditambah Dana Swadaya Masyarakat + Rp. 25.000.000,- (Dua puluh lima juta rupiah) swadaya dari Petani sebesar Rp. 500.000,- per Hektar.

Untuk langkah awal pembangunan tersebut dari UPK PNPM Kecamatan mensyaratkan agar areal pembangunan Talud tersebut memenuhi kriteria yaitu lebar jalan tersebut harus 4 M, sedangkan di lapangan jalan lokasi tersebut masih kurang dari batas yang ditentukan, sehingga sejak hari Minggu tanggal 3 April diadakan persiapan areal sekaligus pelebaran jalan hingga mencapai batas 4 M.
Kegiatan ini di awali dengan acara Selamatan dan Penggalian Tanah pertama kali oleh Kepala Desa Putatgede (Bpk. Supriyadi) yang selanjutnya pekerjaan tersebut dipegang oleh Mandor (Bpk. Nasikin). Pekerjaan ini dilakukan oleh 16 orang dengan dibantu Alat angkut SONGKRO sebanyak 4 buah.
Pembangunan jalan ini memang sangat diharapkan oleh seluruh petani penggarap di Blok tersebut, karena selama kurun waktu 3 (tiga) periode kepala desa jika pada musim hujan hasil panen padi tidak pernah dirasakan hasilnya (ada saja masalahnya misalnya banjir, transportasi tak bisa langsung masuk sehingga tengkulak padi enggan membeli) karena tingginya biaya pekerjaan.
Oleh Pemerintah Desa bahwa Pembangunan jalan ini di alokasikan 2 tahap yaitu dari Dana PNPM 2011 dan 2012, yang PNPM 2012 direncanakan untuk Rabat Beton.

0 komentar:

Posting Komentar