Desa Putatgede menuju desa satelit.. Mari membangun desa bersama

Selasa, 25 Oktober 2011

Fasilitasi Bintek Pengembangan & Perkuatan per-Koperasian

Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kendal melalui DBHCHT mengadakan kegiatan Fasilitasi Bintek Pengembangan dan Perkuatan Kelembagaa Kelompok Masyarakat, Pra Koperasi dan Koperasi di lingkungan Wilayah Penghasil Tembakau Tahun Anggaran 2011 kepada 12 (dua belas) Desa di Kecamatan Ngampel yang ditempatkan di Balai Desa Putatgede. Acara ini dilaksanakan selama 2 hari, Senin dan Selasa tanggl 24-25 Oktober 2011.
Dihari pertama Pelaksanaan dibuka oleh Ka. Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Kendal, dihadiri oleh 30 (tiga puluh) peserta. 

Materi materi yang disampaikan antara lain adalah :
  1. Materi yang cukup menarik peserta adalah yang disampaikan oleh perwakilan dari BRI Cabang Kendal (Bp. Chumaedi) yang menjelaskan tentang KUR (Kredit Usaha Rakyat), karena selama ini banyak petani yang belum mengerti betul apa KUR tersebut. Sehingga pada materi tersebut banyak atusias peserta menanyakan masalah-masalah yang berhubungan, baik mengenai bunga pinjaman sampai tata cara dan plafond peminjaman.
  2. Perwakilan APTI (Asosiasi Petani Tembakau Indonesia) Cabang Kendal di sampaikan oleh Bp. Soekoco, beliau menghimbau dalam menanam tembakau agar bisa memanfaatkan keadaan, karena Tanaman tembakau bisa bagus bergantung dari Cara Tanam, serta pengolahan dan yang paling berpengaruh adalah Cuaca dan Iklim. Namun beliau juga menambahkan pengaruh tersebut yang paling penting adalah jumlah banyak lahan di Kabupaten Kendal yang menanam Tembakau bisa menaikkan dan menurunkan harga beli / harga jual.
  3. Kelembagaan Koperasi yang  disampaikan oleh Bp. Mulyono bisa menggambarkan dan membedakan mana Koperasi, Pra Koperasi dan Kelembagaan Masyarakat. Dengan cara mendapatkan Badan Hukum sebuah Koperasi dapat kita sebut.
Di hari terakhir ditutup dengan materi Tata Cara Penanaman Buah Melon, disampaikan dari Dinas Pertanian Kabupaten Kendal cukup menarik perhatian peserta, karena bisa merupakan tanaman alternatif pengganti tembakau.

0 komentar:

Posting Komentar